Implementasi Model Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Authors

  • Yanti Nurniati STAI PUI Majalengka

Keywords:

model, jigsaw, bahasa arab

Abstract

Kepercayaan diri akan memungkinkan siswa dapat belajar bahasa Arab secara maksimal. Namun apakah pekercayaan diri yang dibangun di kelas sudah sesuai dengan teori jigsaw? Riset ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana proses pembelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Ulum PUI Majalengka dengan menggunakan jigsaw apakah sudah sesuai dengan teori jigsaw dan apakah mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa penerapan jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Arab sudah sesuai dengan teori serta dapat membuktikan bahwa penerapan jigsaw dalam pembelajaran bahasa Arab mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa. Melalui hasil tersebut Jigsaw dapat digunakan untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa dalam belajar bahasa Arab.

Published

2024-09-11