Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab melalui Metode Bernyanyi
Keywords:
mufrodat, bahasa arab, metode bernyanyiAbstract
Artikel ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan menghafal mufrodat (kosakata) di MI PUI Maja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis pengumpulan data menggunakan analisis statistik. Berdasarkan hasil angket yang dijawab oleh 22 responden menunjukkan mean dengan nilai 72 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menghafal mufrodat materi al-fawaakih peserta didik kelas eksperimen menggunakan metode bernyanyi dengan nilai rata-rata 90,90 sedangkan kelas kontrol dengan metode konvensional memperoleh rata-rata 66,90. Pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan menghafal mufrodat dari hasil uji hipotesis dapat diketahui r-hitung diperoleh 0,582, sedangkan r-tabel pada taraf signifikan 1% = 0,537 dan 5% = 0,423. Taraf signifikan 1% r-hitung (0,582) > dari r-tabel (0,537), sedangkan taraf signifikan 5% r-hitung (0,582) > dari r-tabel (0,423). Maka dapat dipastikan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan menghafal mufrodat.