Implementasi Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Kelas VII di MTs Puteri PUI Majalengka
Keywords:
metode brainstorming, keterampilan berbicara, bahasa arabAbstract
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Puteri PUI Majalengka dengan menggunakan metode Brainstorming. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai April 2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Bentuk penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian dengan menggunakan metode eksperimen. Metode ini penerapannya membagi kelas menjadi dua, yakni eksperimen dan kelas kontrol. Karena minimnya penguasaan kosakata Bahasa Arab membuat minat belajar Bahasa Arab terutama pada keterampilan berbicara sangat minim yang membuat suasana pembelajaran di kelas sangat hening. Peneliti mencoba solusi dengan mengimplementasikan metode brainstorming kepada siswa MTs Puteri PUI Majalengka kelas VII dalam peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Arab.