Implementasi Pemanfaatan Media Visual untuk Keterampilan Berbicara pada Pembelajaran Bahasa Arab
Keywords:
media visual, keterampilan berbicara, pembelajaran bahasa arabAbstract
Penelitian membahas tentang media visual sebagai instrumen pembelajaran bahasa Arab yang berkonsentrasi pada keterampilan berbicara. Media visual merupakan media yang populer di era pendidikan 4.0 oleh generasi milenial. Melalui kajian literatur, penelitian memaparkan poin-poin penting dalam pemanfaatan media visual: kategori media visual, prinsip-prinsip penggunaan media visual, pedoman dalam merancang media visual serta implementasinya dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penggunaan media visual adalah untuk meningkatkan semangat siswa dalam belajar serta meningkatkan inovasi dan kreativitas guru dalam mengajar. Beberapa media visual yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab antara lain: jam dinding, papan buletin, papan flanel, poster dan gambar. Konsep dan prinsip penggunaan media visual perlu diperhatikan, agar proses penggunaan media visual dalam pembelajaran menjadi efektif dan optimal.
Kata Kunci: Media Visual, Ketrampilan Berbicara, Pembelajaran Bahasa Arab.