Penggunaan Metode STAD untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Terbimbing Bahasa Arab di MTs Daarul Ulum Majalengka
Keywords:
metode stad, menulis terbimbing, bahasa arabAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan secara objektif (1) perencanaan pembelajaran menulis terbimbing bahasa Arab (2) kemampuan menulis terbimbing bahasa Arab sebelum menggunakan metode STAD (3) kemampuan menulis terbimbing bahasa Arab setelah menggunakan metode STAD dan (4) hubungan antara metode STAD dan prestasi belajar siswa dalam menulis terbimbing bahasa Arab. Adapun rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan didukung oleh penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas VIII MTs Daarul Ulum Majalengka. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran menulis terbimbing bahasa Arab berdasarkan KTSP (2) kemampuan menulis terbimbing bahasa Arab sebelum STAD awalnya siswa belum bisa membedakan antara huruf yang disambung dan dipisah (3) kemampuan menulis terbimbing bahasa Arab setelah STAD siswa sudah bisa merangkai huruf hijaiyah serta lebih antusias belajar bahasa Arab (4) terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar siswa dan metode STAD yang ditunjukkan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada tiap-tiap siklus.