Meningkatkan Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab melalui Metode Kooperatif Mahasiswa STAI PUI Majalengka
Keywords:
pembelajaran kooperatif, membaca, teks bahasa Arab, PTKAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa STAI PUI Majalengka. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa sebelum penerapan pembelajaran kooperatif adalah 72,3, sedangkan kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa sebelum penerapan pembelajaran kooperatif adalah 86,53. Artinya pembelajaran kooperatif efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa. Dari aspek motivasi, pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab sebesar 56,9%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa STAI PUI Majalengka. Pembelajaran kooperatif juga meningkatkan motivasi belajar teks bahasa Arab mahasiswa.