Meningkatkan Kemahiran Membaca Teks Bahasa Arab melalui Metode Kooperatif Mahasiswa STAI PUI Majalengka

Authors

  • Aay Farihah Hesya STAI PUI Majalengka
  • Dedeh Sya’adtul Kamilah STAI PUI Majalengka

Keywords:

pembelajaran kooperatif, membaca, teks bahasa Arab, PTK

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa STAI PUI Majalengka. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa sebelum penerapan pembelajaran kooperatif adalah 72,3, sedangkan kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa sebelum penerapan pembelajaran kooperatif adalah 86,53. Artinya pembelajaran kooperatif efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa. Dari aspek motivasi, pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab sebesar 56,9%. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Arab mahasiswa STAI PUI Majalengka. Pembelajaran kooperatif juga meningkatkan motivasi belajar teks bahasa Arab mahasiswa.

Author Biography

Aay Farihah Hesya, STAI PUI Majalengka

S-1 Tadris IPA-Biologi, STAIN Cirebon

S-2 Psikologi Pendidikan Islam, IAIN Syekh Nurjati Cirebon

afhesya@staipuimajalengka.ac.id

Published

2024-09-11