Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi Covid-19

Authors

  • Muhammad Zakiyaman STAI PUI Majalengka

Keywords:

Pembelajaran, Bahasa Arab, Pandemik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perencanaan, strategi, problematika dan solusi pembelajaran bahasa Arab di era pandemi Covid-19 di Program studi Pendidikan Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif dengan bentuk studi kasus. Perencanaan pembelajaran dengan adaptasi kurikulum berbasis online, seperti penggunaan Whatsapp, Zoom dan Youtube, pemberian tugas terstruktur secara online, kegiatan orientasi berkala, dan evaluasi.

Strategi pembelajaran menggunakan media sosial untuk mahasiswa mengerjakan tugas, upload video tugas ke youtube, menghubungi melalui media whatsapp dengan menanyakan tugas pembelajaran yang diberikan oleh instruktur, dan memberikan game edukasi. Problematika pembelajaran seperti keterbatasan jaringan internet, kesulitan objektifitas penilaian emosional dan psikologis, kesulitan berbagi waktu dengan mahasiswa, kurangnya motivasi belajar, dan nilai masih di bawah standar yang ditetapkan instruktur. Solusi meliputi dua aspek pokok yaitu teknis media dan motivasi belajar. Teknis media sebaiknya menyiapkan internet yang memadai, memantau dan mengawasi penggunaan media oleh tim IT, dan menyusun standar operasional prosedur yang lebih detail terkait penggunaan media pembelajaran dan uji coba kelayakan media. Motivasi belajar sebaiknya bentuk tugas lebih variatif menggunakan media sosial yang digemari mahasiswa, mengunggah konten tugas ke Youtube, dan memberikan bantuan khusus untuk mahasiswa yang belum membutuhkan pendampingan.

Published

2024-09-11