Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab dengan Metode TPR
Keywords:
kemampuan berbahasa, bahasa arab, metode TPRAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa Arab anak pada kelompok B di RA Nurul Ulum. Metode Total Physical Response (TPR) adalah teknik mengajar bahasa kepada anak dengan menggunakan respon fisik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan obyek penelitian 20 anak kelompok B. Sumber data berasal dari hasil lembar observasi anak selama 2 siklus dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana siklus I prosentase tercapainya indikator keberhasilan masih 5% saja. Setelah ditemukan kekurangan dan kelebihan pada siklus I, maka perbaikan dilakukan pada siklus II. Hasil observasi pada siklus II prosentase tercapainya indikator keberhasilan meningkat tajam menjadi 75%. Dengan demikian siklus dianggap selesai.