AlFaqrah: Journal of Arabic Studies https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai <table cellpadding="2"> <tbody> <tr> <td>Title</td> <td>: <strong>AlFaqrah: Journal of Arabic Studies</strong></td> </tr> <tr> <td>Abbreviation</td> <td>: AlFaqrah</td> </tr> <tr> <td>ISSN</td> <td>: <strong>-</strong><strong> </strong>(p) |- (e)<strong><br /></strong></td> </tr> <tr> <td>Ed. in Chief</td> <td>: Ahmad Kali Akbar, M.Pd.</td> </tr> <tr> <td>Index</td> <td>: <strong>-</strong></td> </tr> <tr> <td>Publisher</td> <td>: Department of Arabic Teaching, STAI PUI Majalengka</td> </tr> <tr> <td>Frequency</td> <td>: Twice a Year: February &amp; August</td> </tr> <tr> <td>Language</td> <td>: Indonesian, Arabic &amp; English</td> </tr> </tbody> </table> <p style="text-align: justify;"><strong>AlFaqrah: Journal of Arabic Studies</strong> is a scientific journal specializing in the Arabic language studies ranging from the Arabic teaching, linguistics and literatures. AlFaqrah seeks theoretically engaged work at the forefront of the field, written for a global audience comprised of the specialist, the researcher, the teachers and the student alike. AlFaqrah publishes from its first publishing in 2025 with open journal system in a literary, critical, historical studies on Arabic teaching including the methodology, strategy, technology, design, and evaluation of Arabic teaching for native and non-native speakers, Arabic linguistics and literature in broadly classical and modern, written and oral, poetry and prose, as well as work in comparative and interdisciplinary studies.</p> en-US Wed, 11 Sep 2024 10:07:50 +0700 OJS 3.2.0.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab dengan Metode TPR https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai/article/view/98 <p>Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa Arab anak pada kelompok B di RA Nurul Ulum. Metode <em>Total Physical Response </em>(TPR) adalah teknik mengajar bahasa kepada anak dengan menggunakan respon fisik. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan obyek penelitian 20 anak kelompok B. Sumber data berasal dari hasil lembar observasi anak selama 2 siklus dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskripsi kualitatif. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana siklus I prosentase tercapainya indikator keberhasilan masih 5% saja. Setelah ditemukan kekurangan dan kelebihan pada siklus I, maka perbaikan dilakukan pada siklus II. Hasil observasi pada siklus II prosentase tercapainya indikator keberhasilan meningkat tajam menjadi 75%. Dengan demikian siklus dianggap selesai.</p> Agus Jamaludin Copyright (c) 2024 Al-Ishlah At-Tarbiyah https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai/article/view/98 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0700 Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab melalui Metode Bernyanyi https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai/article/view/102 <p>Artikel ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan menghafal <em>mufrodat </em>(kosakata) di MI PUI Maja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis pengumpulan data menggunakan analisis statistik. Berdasarkan hasil angket yang dijawab oleh 22 responden menunjukkan <em>mean </em>dengan nilai 72 menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menghafal <em>mufrodat </em>materi <em>al-fawaakih </em>peserta didik kelas eksperimen menggunakan metode bernyanyi dengan nilai rata-rata 90,90 sedangkan kelas kontrol dengan metode konvensional memperoleh rata-rata 66,90. Pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan menghafal <em>mufrodat </em>dari hasil uji hipotesis dapat diketahui r-hitung diperoleh 0,582, sedangkan r-tabel pada taraf signifikan 1% = 0,537 dan 5% = 0,423. Taraf signifikan 1% r-hitung (0,582) &gt; dari r-tabel (0,537), sedangkan taraf signifikan 5% r-hitung (0,582) &gt; dari r-tabel (0,423). Maka dapat dipastikan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan menghafal <em>mufrodat.</em></p> Aay Farihah Hesya, Ihwan Rahman Bahtiar Copyright (c) 2024 Al-Ishlah At-Tarbiyah https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai/article/view/102 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0700 Model Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Daring https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai/article/view/99 <p>Mewabahnya virus corona-19 memaksa dunia pendidikan untuk bertukar kiblat dari pembelajaran tatap muka langsung di kelas, kepada pembelajaran tatap maya secara tidak langsung dengan menggunakan media atau teknologi pembelajaran. Menjadi sebuah keniscayaan, di zaman moderen ini, guru maupun siswa sudah familiar dengan teknologi, termasuk salah satunya melangsungkan pembelajaran melalui daring. Pembelajaran melalui daring bermaksud memudahkan guru dan siswa melakukan peroses belajar mengajar dimanpun dan kapanpun. Pembahasan tentang konsep pembelajaran bahasa berbasis daring ini diawali dari sebuah temuan kasus yang terjadi di lingkungan masyarakat bahwa siswa lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online daripada mengerjakan tugas yang diberikan guru.</p> <p>Disamping itu hubungan emosional guru dan siswa yang sulit terbangun, sulitnya mengontrol siswa, sulitnya membentuk akhlak atau moral siswa juga menjadi latar belakang penelitian ini. Adapun metode yang digunakan pada kajian ini adalah dengan metode library research atau studi pustaka. Data dikumpulkan dari berbagai pustaka yang telah tersedia, lalu dikaji dan dibandingkan, serta disimpulkan. Beberbagai literasi dan referensi baik dari jurnal maupun buku telah dikaji lalu dapat dismpulkan bahwa konsep pembelajaran berbasis daring tidak terlepas dari media dan teknologi yang berkembang saat ini, dengan demikian pembelajaran bahasa arab berbasis daring dapat terselenggara dengan baik jika guru mampu mengelola pembelajaran dengan memperhatikan pendekatan serta menggunakan media atau teknologi yang berkembang sesuai perkembangan siswa.</p> Dede Sutisna Copyright (c) 2024 Al-Ishlah At-Tarbiyah https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai/article/view/99 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0700 Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MA Puteri PUI Majalengka https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai/article/view/100 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian portofolio dalam pembelajaran Bahasa Arab di MA Puteri PUI Majalengka. Pendeskripsian penilaian portofolio dalam pembelajaran Bahasa Arab berupa bentuk penilaian portofolio yang digunakan guru dalam pembelajaran, alasan guru dalam pemilihan bentuk penilaian portofolio, dan permasalahan yang dialami guru dalam kaitannya dengan pembelajaran serta upaya untuk mengatasi permasalahan yang dialami. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Arab di MA Puteri PUI Majalengka yang berjumlah tiga orang. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Data dianalisis secara kualitatif melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian diperoleh melalui triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan semua guru mata pelajaran Bahasa Arab di MA Puteri PUI Majalengka telah menerapkan penilaian portofolio.</p> <p>Data hasil pengamatan berisi tentang deskripsi bentuk peilaian portofolio yang digunakan guru Bahasa Arab dan alasan yang mendasari guru dalam pemilihan bentuk penilaian portofolio dalam pembelajaran. Bentuk portofolio yang digunakan oleh guru adalah karya siswa berupa teks fabel, teks susunan acara, dan poster. Pelaksanaan penilaian portofolio dilaksanakan dengan baik, walaupun belum dapat dikatakan maksimal. Kurang optimalnya pelaksanaan penilaian portofolio dikarenakan masih ditemukan beberapa kendala. Guru mata pelajaran Bahasa Arab melakukan beberapa upaya dalam mengatasi kendala. Upaya yang dilakukan menunjukkan bahwa guru mampu mengelola kelas dengan baik.</p> <p> </p> Heru Hoerudin Copyright (c) 2024 Al-Ishlah At-Tarbiyah https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai/article/view/100 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0700 Implementasi Model Jigsaw dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai/article/view/101 <p>Kepercayaan diri akan memungkinkan siswa dapat belajar bahasa Arab secara maksimal. Namun apakah pekercayaan diri yang dibangun di kelas sudah sesuai dengan teori jigsaw? Riset ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana proses pembelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Ulum PUI Majalengka dengan menggunakan jigsaw apakah sudah sesuai dengan teori jigsaw dan apakah mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa penerapan jigsaw dalam pembelajaran Bahasa Arab sudah sesuai dengan teori serta dapat membuktikan bahwa penerapan jigsaw dalam pembelajaran bahasa Arab mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa. Melalui hasil tersebut Jigsaw dapat digunakan untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa dalam belajar bahasa Arab.</p> Yanti Nurniati Copyright (c) 2024 Al-Ishlah At-Tarbiyah https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/ai/article/view/101 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0700