Identifikasi Problematika Guru ABK Di Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi

Authors

  • Meina Shiamullaeli
  • Indah Diana

Keywords:

problematikaguru, abk, pendidikaninklusif

Abstract

Dicanangkannya pendidikan inklusi di Indonesia dengan tujuan untuk memfasilitasi kebutuhan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) sudah banyak dijalankan di seluruh Indonesia khususnya kota-kota besar tetapi dalam pelaksanannya menemukan banyak kendala-kendala atau permasalahan di sekolah khususnya bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dialami guru dan sekolah dalam penyelengaraan pendidikan inklusi pada tingkat PAUD di Majalengka.

Subyek penelitian adalah guru yang mengajar di sekolah penyelenggara Pendidikan Inklusi. Data diperoleh melalui open-ended questionnaire (pertanyaan terbuka). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis menggunakan teknik koding. Desain penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan indigenous psychology bagian dari tradisi pendekatan ilmiah dimana aspek yang penting dalam pendekatan ini adalah usaha untuk menemukan metode yang sesuai untuk mengungkap fenomena dalam suatu investigasi.

Hasil penelitian menunjukkan ada berbagai permasalahan yang ditemui guru terkait kesiapan sekolah itu sendiri seperti kurangnya kompetensi guru dalam menghadapi siswa ABK, permasalahan terkait kurangnya kepedulian orangtua terhadap ABK, selain itu banyaknya siswa ABK dalam satu kelas, dan kurangnya kerjasama dari berbagai pihak seperti masyarakat, ahli professional dan pemerintah.

References

Carrington, S., Robinson, R. 2004. A case study of inclusive school development: a journey of learning.

Giangreco, M.F. 2013. Teacher Assistant Supports in Inclusive Scholls: Research, Practices and Alternatives. Australasian Journal of Special Education.Vol 37.Issue 2 : 93-106. Doi:10.1017/jse.2013.1.

Kurniaastuti, I. 2010. Dinamika Pencapaian Prestasi Remaja Jawa. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 70 Tahun 2009.

Poerwandari, E.K. 2007. Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi.

Republika. 2013. Jumlah Anak Berkubutuhan Khusus di Indonesia http://m.republika.co.id/berita/ nasional. 17 Juli 2013.

Sunaryo. 2009. Manajemen Pendidikan Inklusif. Manjpendinklusi.wordpres.

Tukiran., Handayani, T., & Hagul, P. 1989. Mengkode Data. In, Singarimbun, M., & Effendi, S (Eds), Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Jamaludin, G. M., Araniri, N., & Nahriyah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat dan Macam-Macamnya. Makeda Publika.

Published

2023-10-22

How to Cite

Shiamullaeli, M., & Diana, I. (2023). Identifikasi Problematika Guru ABK Di Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi. HAYANI, Islamic Education for Young Children, 1(2). Retrieved from https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/42

Issue

Section

Articles