Penerapan Mengenalkan Huruf Abjad dengan Teknik Inside Outside Circle

Authors

  • Salimah
  • Titi Sunarti

Keywords:

hurufabjad, teknikbelajar, insideoutsidecircle

Abstract

Abstraksi

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar persentase penerapan mengenalkan huruf abjad dengan teknik inside outside circle pada anak kelompok A PAUD Majalengka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah anak-anak kelompok A yang berjumlah 10 orang.

Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dilakukan selama 2 kali pertemuan dan dideskripsikan dalam bentuk nilai. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada pertemuan pertama dari indikator menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan, meniru huruf sesuai dengan kata, menyusun huruf sesuai dengan kata mendapatkan nilai rata-rata 90,8% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB), dan pertemuan kedua yang terdiri dari indikator menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan, meniru huruf sesuai dengan kata, menyusun huruf sesuai dengan kata mendapatkan nilai rata-rata 84,2% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Dapat disimpulkan bahwa penerapan mengenalkan huruf abjad dengan teknik inside outside circle pada anak kelompok A Paud Majalengka diperoleh hasil dengan rata-rata keseluruhan 87,5% termasuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSH).

 

 

 

Kata kunci: Huruf Abjad, Teknik Belajar, Teknik Inside Outside Circle.

 

Published

2023-10-22

How to Cite

Salimah, & Sunarti, T. (2023). Penerapan Mengenalkan Huruf Abjad dengan Teknik Inside Outside Circle. HAYANI, Islamic Education for Young Children, 1(2). Retrieved from https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/43

Issue

Section

Articles