Pengembangan Kecerdasan Sosial AUD Melalui Kegiatan Bermain Peran di PAUD

Authors

  • Yedi Supriadi
  • Dea Rachmita

Keywords:

bermainperan, paud, kecerdasanemosi

Abstract

Abstraksi

 

Kemampuan sosial emosional anak usia dini belum berkembang secara optimal. Masih rendahnya minat anak dalam bermain, dikarenakan ragam main yang diberikan guru kurang beragam. Selain itu penyampaian guru yang tidak menarik menyebabkan anak tidak tertarik dengan kegiatan yang disediakan. Metode yang digunakan untuk mengembangkan sosial esmosional anak hanya berupa pembelajaran melalui ceramah, LKA dan belum menerapkan kegiatan bermain. Padahal metode bermain peran yang beragam diharapakn anak dapat tertarik dengan metode bermain yang baru, sehigga dapat meningkatkan minat anak untuk belajar. Selain itu dengan beragam permainan anak dapat mengembangkan sosial emosionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji manfaat kegiatan bermain peran terhadap kecerdasan sosial AUD.

Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan kajian pustaka yaitu menghubungkan penelitian dengan literatur yang ada. Melalui metode bermain peran anak dapat melatih kemandirian, kerjasama, bersosialisasi dengan teman,dan dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional secara optimal sesuai tahap perkembangan. Anak dapat belajar bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan.

 

 

 

Kata kunci: Bermain Peran, Kecerdasan Sosial, Pendidikan Anak Usia Dini.

 

Published

2023-10-22

How to Cite

Supriadi, Y., & Rachmita, D. (2023). Pengembangan Kecerdasan Sosial AUD Melalui Kegiatan Bermain Peran di PAUD. HAYANI, Islamic Education for Young Children, 1(2). Retrieved from https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/44

Issue

Section

Articles