Pendidikan Berperspektif Gender pada Anak Usia Dini

Authors

  • Ilisya Prihatin Indrasari
  • Aghnia Supriadi

Keywords:

pendidikangender, anakusiadini

Abstract

Gender dimaknai sebagai perbedaan peran dan tanggungjawab perempuan dan laki-laki. Perbedaan gender sebenarnya tidaklah menjadi masalah yang krusial, seandainya tidak menimbulkan ketidakadilan. Ketidakadilan gender merupakan masalah sosial kultural yang tidak hanya ada dalam ranah budaya, profesi, politik, hukum, agama namun lebih-lebih ditemukan pada dunia pendidikan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pentingnya pendidikan anak dalam perspektif gender dan bagaimana manifestasi pendidikan anak perspektif gender di dalam keluarga, sekolah dan masyarakat serta bagaimana strategi aksi yang bisa dilakukan agar dalam mendidik anak melahirkan kesadaran dan kepekaan gender disemua lini kehidupan secara komprehensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan berperspektif gender dilaksanakan melalui pembiasaan, keteladanan, dan bermain yang tidak diskriminatif.

 

Published

2023-10-22

How to Cite

Prihatin Indrasari, I., & Supriadi, A. . (2023). Pendidikan Berperspektif Gender pada Anak Usia Dini. HAYANI, Islamic Education for Young Children, 1(2). Retrieved from https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/45

Issue

Section

Articles