Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar

Authors

  • Agus Sutisna
  • Anggi Anggraeni

Keywords:

manajemen, kepemimpinaninovatif, paud

Abstract

Abstraksi

 

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan kurangnya manajemen kepemimpinan inovatif pada kepala sekolah di tingkat pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kepemimpinan inovatif pada pendidikan anak usia dini dalam perspektif merdeka belajar era new normal di Kota Majalengka. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data terdiri dari 38 orang kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan inovatif kepala sekolah di Kota Majalengka berada pada kategori baik. Kebaruan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah kepala-kepala sekolah di masa datang harus lebih memiliki jiwa revolusioner yang mampu menerima dan mengimplementasikan perubahan melalui visi, misi, dan tujuan untuk mengembangkan sekolah. Dampak dari hasil penelitian ini adalah kepala sekolah perlu bekerjasama bersama tim melalui kreativitas tim dan inovasi organisasi serta cara kerja tersistem dalam inovasi organisasi melalui kreativitas individu secara visual paham akan informasi aktual secara digital untuk mewujudkan merdeka belajar untuk saat ini dan masa depan.

 

 

 

 

Kata kunci: Manajemen, Kepemimpinan Inovatif, Pendidikan Anak Usia Dini.

Published

2023-10-22

How to Cite

Sutisna, A., & Anggraeni, A. (2023). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar. HAYANI, Islamic Education for Young Children, 1(2). Retrieved from https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/46

Issue

Section

Articles