Ethfal: Journal of Islamic Education for Young Children https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy en-US Sun, 22 Oct 2023 15:58:15 +0700 OJS 3.2.0.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Identifikasi Problematika Guru ABK Di Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/42 <p>Dicanangkannya pendidikan inklusi di Indonesia dengan tujuan untuk memfasilitasi kebutuhan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) sudah banyak dijalankan di seluruh Indonesia khususnya kota-kota besar tetapi dalam pelaksanannya menemukan banyak kendala-kendala atau permasalahan di sekolah khususnya bagi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dialami guru dan sekolah dalam penyelengaraan pendidikan inklusi pada tingkat PAUD di Majalengka.</p> <p>Subyek penelitian adalah guru yang mengajar di sekolah penyelenggara Pendidikan Inklusi. Data diperoleh melalui <em>open-ended questionnaire</em> (pertanyaan terbuka). Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan analisis menggunakan teknik koding. Desain penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan <em>indigenous psychology</em> bagian dari tradisi pendekatan ilmiah dimana aspek yang penting dalam pendekatan ini adalah usaha untuk menemukan metode yang sesuai untuk mengungkap fenomena dalam suatu investigasi.</p> <p>Hasil penelitian menunjukkan ada berbagai permasalahan yang ditemui guru terkait kesiapan sekolah itu sendiri seperti kurangnya kompetensi guru dalam menghadapi siswa ABK, permasalahan terkait kurangnya kepedulian orangtua terhadap ABK, selain itu banyaknya siswa ABK dalam satu kelas, dan kurangnya kerjasama dari berbagai pihak seperti masyarakat, ahli professional dan pemerintah.</p> Meina Shiamullaeli, Indah Diana Copyright (c) 2023 HAYANI, Islamic Education for Young Children https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/42 Sun, 22 Oct 2023 00:00:00 +0700 Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/46 <p><strong>Abstraksi</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya temuan kurangnya manajemen kepemimpinan inovatif pada kepala sekolah di tingkat pendidikan anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen kepemimpinan inovatif pada pendidikan anak usia dini dalam perspektif merdeka belajar era new normal di Kota Majalengka. Menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data terdiri dari 38 orang kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan inovatif kepala sekolah di Kota Majalengka berada pada kategori baik. Kebaruan yang didapatkan dalam penelitian ini adalah kepala-kepala sekolah di masa datang harus lebih memiliki jiwa revolusioner yang mampu menerima dan mengimplementasikan perubahan melalui visi, misi, dan tujuan untuk mengembangkan sekolah. Dampak dari hasil penelitian ini adalah kepala sekolah perlu bekerjasama bersama tim melalui kreativitas tim dan inovasi organisasi serta cara kerja tersistem dalam inovasi organisasi melalui kreativitas individu secara visual paham akan informasi aktual secara digital untuk mewujudkan merdeka belajar untuk saat ini dan masa depan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong><em>Manajemen, Kepemimpinan Inovatif, Pendidikan Anak Usia Dini.</em></p> Agus Sutisna, Anggi Anggraeni Copyright (c) 2023 HAYANI, Islamic Education for Young Children https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/46 Sun, 22 Oct 2023 00:00:00 +0700 Penerapan Mengenalkan Huruf Abjad dengan Teknik Inside Outside Circle https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/43 <p><strong>Abstraksi</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seberapa besar persentase penerapan mengenalkan huruf abjad dengan teknik <em>inside outside circle</em> pada anak kelompok A PAUD Majalengka. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah anak-anak kelompok A yang berjumlah 10 orang.</p> <p>Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dilakukan selama 2 kali pertemuan dan dideskripsikan dalam bentuk nilai. Hasil analisis data menunjukan bahwa pada pertemuan pertama dari indikator menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan, meniru huruf sesuai dengan kata, menyusun huruf sesuai dengan kata mendapatkan nilai rata-rata 90,8% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB), dan pertemuan kedua yang terdiri dari indikator menyebutkan tulisan sederhana dengan simbol yang melambangkan, meniru huruf sesuai dengan kata, menyusun huruf sesuai dengan kata mendapatkan nilai rata-rata 84,2% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB). Dapat disimpulkan bahwa penerapan mengenalkan huruf abjad dengan teknik <em>inside outside circle</em> pada anak kelompok A Paud Majalengka diperoleh hasil dengan rata-rata keseluruhan 87,5% termasuk dalam kategori berkembang sangat baik (BSH).</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong><em>Huruf Abjad, Teknik Belajar, Teknik Inside Outside Circle.</em></p> <p>&nbsp;</p> Salimah, Titi Sunarti Copyright (c) 2023 HAYANI, Islamic Education for Young Children https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/43 Sun, 22 Oct 2023 00:00:00 +0700 Pengembangan Kecerdasan Sosial AUD Melalui Kegiatan Bermain Peran di PAUD https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/44 <p><strong>Abstraksi</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Kemampuan sosial emosional anak usia dini belum berkembang secara optimal. Masih rendahnya minat anak dalam bermain, dikarenakan ragam main yang diberikan guru kurang beragam. Selain itu penyampaian guru yang tidak menarik menyebabkan anak tidak tertarik dengan kegiatan yang disediakan. Metode yang digunakan untuk mengembangkan sosial esmosional anak hanya berupa pembelajaran melalui ceramah, LKA dan belum menerapkan kegiatan bermain. Padahal metode bermain peran yang beragam diharapakn anak dapat tertarik dengan metode bermain yang baru, sehigga dapat meningkatkan minat anak untuk belajar. Selain itu dengan beragam permainan anak dapat mengembangkan sosial emosionalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji manfaat kegiatan bermain peran terhadap kecerdasan sosial AUD.</p> <p>Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan pendekatan kajian pustaka yaitu menghubungkan penelitian dengan literatur yang ada. Melalui metode bermain peran anak dapat melatih kemandirian, kerjasama, bersosialisasi dengan teman,dan dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional secara optimal sesuai tahap perkembangan. Anak dapat belajar bertanggung jawab dengan apa yang dilakukan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong><em>Bermain Peran, Kecerdasan Sosial, Pendidikan Anak Usia Dini.</em></p> <p>&nbsp;</p> Yedi Supriadi, Dea Rachmita Copyright (c) 2023 HAYANI, Islamic Education for Young Children https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/44 Sun, 22 Oct 2023 00:00:00 +0700 Pendidikan Berperspektif Gender pada Anak Usia Dini https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/45 <p>Gender dimaknai sebagai perbedaan peran dan tanggungjawab perempuan dan laki-laki. Perbedaan gender sebenarnya tidaklah menjadi masalah yang krusial, seandainya tidak menimbulkan ketidakadilan. Ketidakadilan gender merupakan masalah sosial kultural yang tidak hanya ada dalam ranah budaya, profesi, politik, hukum, agama namun lebih-lebih ditemukan pada dunia pendidikan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pentingnya pendidikan anak dalam perspektif gender dan bagaimana manifestasi pendidikan anak perspektif gender di dalam keluarga, sekolah dan masyarakat serta bagaimana strategi aksi yang bisa dilakukan agar dalam mendidik anak melahirkan kesadaran dan kepekaan gender disemua lini kehidupan secara komprehensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan berperspektif gender dilaksanakan melalui pembiasaan, keteladanan, dan bermain yang tidak diskriminatif.</p> <p> </p> Ilisya Prihatin Indrasari, Aghnia Supriadi Copyright (c) 2023 HAYANI, Islamic Education for Young Children https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/hy/article/view/45 Sun, 22 Oct 2023 00:00:00 +0700