PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MASJID AL-FALAH DESA KULUR

Authors

  • Yus Yusuf Zaeni Taziri STAI PUI Majalengka

Keywords:

Kata kunci: Model Course Review Horay, Hasil Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam

Abstract

Abstraksi

Metode Ummi merupakan dasar utama untuk membantu lembaga dan guru dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan dan pembelajaran Al-Qur’an yang efektif, mudah, menyenangkan dan menyentuh hati. Dari situlah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian penggunaan Metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an di Masjid Al-Falah Desa Kulur, Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.

Penelitian ini dilaksanakan di Masjid Al-Falah Desa Kulur. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research), dimana hasil penelitian beserta analisisnya dijelaskan secara deskriptif. Subjek penelitiannya adalah anak-anak maghrib mengaji yang terdiri dari 33 Orang anak laki – laki dan perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi.

Dalam kegiatan maghrib mengaji ini anak-anak selain dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, juga dapat menghafal (menjadi tahfidz) Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

Kata kunci: Model Course Review Horay, Hasil Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam

Published

2022-03-08

Issue

Section

Articles