PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MASJID AL-FALAH DESA KULUR
Keywords:
Kata kunci: Model Course Review Horay, Hasil Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan IslamAbstract
Abstraksi
Metode Ummi merupakan dasar utama untuk membantu lembaga dan guru dalam meningkatkan kemampuan pengelolaan dan pembelajaran Al-Qur’an yang efektif, mudah, menyenangkan dan menyentuh hati. Dari situlah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian penggunaan Metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an di Masjid Al-Falah Desa Kulur, Kecamatan Majalengka Kabupaten Majalengka.
Penelitian ini dilaksanakan di Masjid Al-Falah Desa Kulur. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan (field research), dimana hasil penelitian beserta analisisnya dijelaskan secara deskriptif. Subjek penelitiannya adalah anak-anak maghrib mengaji yang terdiri dari 33 Orang anak laki – laki dan perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi.
Dalam kegiatan maghrib mengaji ini anak-anak selain dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar, juga dapat menghafal (menjadi tahfidz) Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Kata kunci: Model Course Review Horay, Hasil Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam