TA'LIM : The Islamic Religious Educational Journal https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/int <p>TA'LIM: The Islamic Religious Educational Journal adalah jurnal yang diterbitkan oleh STAI PUI Majalengka, dan dikelola oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). TA'LIM: The Islamic Religious Educational Journal hanya menerbitkan karya tulis asli (bukan plagiat) literatur dan penelitian lapangan terkait Pendidikan islam.</p> en-US aayfarihahhesya@gmail.com (Aay Farihah Hesya) aayfarihahhesya@gmail.com (Aay Farihah Hesya) Sun, 09 Jul 2023 19:10:48 +0700 OJS 3.2.0.2 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Array ONTOLOGI PENDIDIKAN ISLAM, TIDAK MENGENAL DIKOTOMI DALAM PENDIDIKAN https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/int/article/view/32 <p><strong>Abstraksi </strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Sejarah perkembangan peradaban Islam sangat ditandai oleh hubungan yang harmonis dan dialogis antara ilmu agama dan non-agama. Kedua disiplin ilmu tersebut sungguh telah saling melengkapi dan menyempurnakan. Maka tak heran jika para intelektual muslim kala itu bukan hanya sebagai seorang ilmuwan, tetapi juga sekaligus sebagai ulama. Namun yang terjadi kini sebaliknya, dimana terjadi gap yang jauh antara keduanya. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis terkait dikotomi pendidikan Islam yang terjadi, juga akan mengupas apakah sebetulnya terdapat dikotomi ilmu dalam Islam.</p> <p>Penelitian dalam hal ini merupakan kajian pustaka. Dan hasil dari penelitian ini, bahwa Islam tidak pernah beranggapan adanya dualisme ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan dan agama merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dengan yang lainnya. Sebab Allahlah yang menciptakan manusia untuk mengkaji, menganlisa, mempelajari apa yang ada di alam semesta ini sebagai bahan renungan dan pelajaran bagi umat manusia dalam menjalani kehidupan di dunia ini.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> <em>Ontologi Pendidikan Islam, Dikotomi Pendidikan, sistem Pendidikan Islam</em></p> Yus Yusuf Zaeni Taziri Copyright (c) 2023 TA'LIM : The Islamic Religious Educational Journal https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/int/article/view/32 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0700 Array PENERAPAN PENDIDIKAN AGAMA DALAM UPAYA MENGATASI KEKERASAN DI INSTITUSI PENDIDIKAN https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/int/article/view/34 <p><strong>Abstraksi</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Kemunculan media sosial memang diharapkan bisa memberi efek positif, terutama untuk membangun relasi. Namun, seiring berjalannya waktu, media sosial justru menjadi ajang terciptanya kekerasan, termasuk di lingkungan luar dan di dalam pendidikan. Reproduksi kekerasan terjadi dalam relasi yang dominatif pada institusi pendidikan, dalam sejumlah kasus, kekerasan oleh pendidikan terhadap peserta didik sering terjadi dengan mengatasnamakan pendisiplinan. Pendidikan di sekolah maupun di Universitas tidak terlepas dari konteks sosio-kultural masyarakat. Institusi pendidikan merupakan subsistem dari institusi sosial yang lebih luas.</p> <p>Terus bereproduksinya kekerasan dalam institusi pendidikan perlu dihentikan, jangan sampai generasi muda beranggapan bahwa kekerasan merupakan hal biasa atau bahkan sebagai habitus baru di kalangan mereka. Oleh karenanya, perlu diretas kebijakan strategis dalam institusi pendidikan yang bersifat kurikuler sekaligus reformatif hingga menyentuh aspek substansif.</p> <p>Terutama bagi pendidik, sebagai pihak yang dekat dengan peserta didik, dituntut untuk bisa mengimbangi siswa/ mahasiswa yang saat ini telah canggih menggunakan media sosial, pendidik diharapkan mampu mengenal dan menggunakan media sosial. Selain itu, keluarga dan sekolah sebagai garda terdepan pendidikan bagi anak. Pembinaan bagi orangtua, keluarga atau kelompok-kelompok yang terlibat dalam pendidikan anak, perlu dilakukan dengan komprehensif untuk meberikan gambaran yang utuh tentang agama dan aplikasinya dalam kehidupan. Terakhir, apabila ditemukan lembaga atau instansi pendidikan, yakni keluarga, sekolah, dan masyarakat yang terbukti secara nyata melakukan ataupun mengajarkan tindak kekerasan atas nama agama ataupun simbol-simbol tertentu. Maka sudah menjadi kewajiban seorang warga negara yang baik untuk melaporkan hal tersebut kepada instansi-instansi yang berwenang.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong><em>Pendidikan agama, Kekerasan, dan Institusi Pendidikan</em></p> teni aeni Copyright (c) 2023 TA'LIM : The Islamic Religious Educational Journal https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/int/article/view/34 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0700 Array ISLAM DAN PENDIDIKAN PLURALISME https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/int/article/view/35 <p><strong>Abstraksi</strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Jika berbicara terkait pluralisme, sebagian masyarakat muslim menolaknya. Banyak faktor yang melatarbelakanginya, tapi apakah sebenarnya pluralisme itu? Bagaimana Islam memandang tentang konsep pluralisme ini? Semua akan dibahas pada tulisan ini.</p> <p>Pembahasan ini menggunakan kajian pustaka. Adapun hasil dari penelitian ini, bahwa konsep pendidikan pluralisme adalah pendidikan yang berorientasi pada realitas persoalan yang sedang dihadapi umat manusia secara keseluruhan. Melihat realitas tersebut, maka disinilah letak pentingnya menggagas pendidikan Islam berbasis pluralisme dengan menonjolkan beberapa karakter.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci: </strong><em>Pendidikan, Islam, Pluralisme</em></p> Devi Ganjar Copyright (c) 2023 TA'LIM : The Islamic Religious Educational Journal https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/int/article/view/35 Sun, 09 Jul 2023 00:00:00 +0700 Vol. 2 No. 1 KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DALAM MENGHADAPI SISTEM PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/int/article/view/68 <p>&nbsp;</p> <p><strong>Abstraksi </strong></p> <p>&nbsp;</p> <p>Sesuai tugas, pokok dan fungsi kepala sekolah selaku manajer dituntut memiliki kompetensi manajerial, dan kompetensi tersebut harus dibuktikan pada kondisi pandemi. Seorang kepala sekolah haris mampu menyajikan formulasi dalam mekanisme pembelajaran yang tepat yang diharapkan bisa mengurangi menurunnya motivasi belajar siswa akibat kurang variatifnya model pembelajar yang disajikan. Rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini, yaitu untuk mengkaji kompetensi manajerial kepala sekolah dalam menghadapi sistem pembelajaran <em>blanded learning.</em></p> <p>Penerapan model <em>blended </em><em>learning </em>merupakan salah satu pilihan bagi lembaga pendidikan formal seperti. Bisa digunakan dalam lingkup internal lembaga, maupun hanya oleh setiap guru mata pelajaran tertentu saja. Melalui model ini juga, kepala sekolah diharapkan akan lebih memahami tentang kebutuhan dan kemampuan belajar siswa yang cenderung variatif, serta dinamika kondisi dunia pendidikan yang terjadi belakangan yang cenderung fluktuatif.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci:</strong> <em>Kompetensi Manajerial, Blended Learning, Motivasi Belajar</em></p> Badruzzaman Copyright (c) 2023 TA'LIM : The Islamic Religious Educational Journal https://jurnal.staipuimajalengka.ac.id/index.php/int/article/view/68 Sat, 07 Oct 2023 00:00:00 +0700